Friday, September 16, 2016

WISATA PANTAI RANCABUAYA GARUT JAWA BARAT



WISATA PANTAI RANCABUAYA GARUT JAWA BARAT


 
Pantai Rancabuaya ialah sebuah pantai yang berada di Garut dengan ketinggian pantainya 0-200 meter diatas permukaan air laut. Pantai ini memiliki perairan yang berwarna biru dengan bau yang normal dan temperatur juga normal. Ketinggian gelombangnya mencapai 1 meter dengan material dasar lautnya yang berupa pasir halus, batu karang dan pasir kasar termasuk di sepanjang garis pantai. Kemiringan lautnya landai serta banyak ditumbuhi oleh rumput laut dan gangga hijau sebagai flora yang dominannya.

Stabilitas pantainya cukup baik karena memiliki tingkat abrasi yang rendah. Adapun yang menjadi flora dominan yang tumbuh di tepi pantainya ialah pohon kelapa dan pohon ketapang. Kualitas lingkungan pantai ini cukup baik dan hampir tidak memiliki pencemaran—mungkin karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang kesini. Pantai ini juga memiliki visabilitas bebas dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Pantai Rancabuaya memiliki total luas mencapai 1.524 hektar dimana, sayangnya, lahan yang baru dimanfaatkan untuk fasilitas wisata hanya 2 hektar saja. Untuk sistem pembuangan limbah di kawasan pantai mempergunakan tempat sampah non-permanen yang tersebar di dalam area pantai. Sistem komunikasi di kawasan ini menggunakan telepon dengan jumlah yang memadai. Ada 2 sifat kegiatan pariwisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, yaitu yang bersifat aktif hiking dan tracking serta yang bersifat pasif yaitu menikmati pemandangan.


Area pantai ini memiliki 22 buah villa dan 4 buah penginapan dalam kondisi yang baik, 40 buah kios dengan kondisi baik, dan sebuah tempat parkir seluas 3 hektar yang dapat menampung 100 bus, kondisinya masih dalam pembangunan dengan lapisan permukaan tanah dan vegetasi peneduh memadai. Di pantai ini disediakan 2 buah toilet umum yang dimiliki secara pribadi, dengan tingkat kebersihan/sanitasi cukup dan kondisi bangunan baik. Tempat bilas 2 buah dengan kondisi dan tingkat kebersihan yang cukup, shelter (tempat berteduh) 2 buah dengan kondisi dan kebersihan yang cukup baik. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat pos kesehatan yang merupakan sarana kesehatan umum bagi masyarakat.

Lokasi

Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat-Indonesia.

SEMOGA KUNJUNGANNYA MENYENANGKAN .

No comments:

Post a Comment