Thursday, September 15, 2016

WISATA BERKEMAH DI GUNUNG GUNTUR GARUT-JAWA BARAT



WISATA BERKEMAH DI GUNUNG GUNTUR GARUT-JAWA BARAT

Gunung atau dalam bahasa Belanda disebut dengan “donderberg” yang berada di Garut seolah memagari kawasan ini dengan sangat indah. Aneka gunung dengan aneka ketinggian dan penuh daya tarik yang membuat impresi mendalam kepada siapapun pengunjungnya, berada di Garut. Gunung Guntur ialah salah gunung itu, yang diakui sebagai landmark-nya Kota Dodol dan Kota Seribu Domba.

Gunung Guntur tampak berbeda dengan gunung yang berada di sekitarnya, dimana tampak dari kejauhan gunung ini gundul, gersang dan berwarna merah bata seperti terbakar karena tanpa pepohonan. Gunung ini merupakan salah satu dari 17 gunung yang masih aktif di kawasan Jawa Barat dan salah satu gunung teraktif di Pulau Jawa sehingga tak heran gunung ini tak memiliki “rambut” karena aktifitas yang terjadi didalamnya.

Secara geologis, Gunung Guntur merupakan kompleks pegunungan yang terdiri atas beberapa puncak. Puncak tertingginya adalah Gunung Masigit (2.249 m dpl). Puncak yang lainnya yaitu Gunung Parupuyan (2.135 m dpl), Gunung Kabuyutan (2.048 M dpl), dan Gunung Guntur (1.807 m dpl). Kompleks pegunungan ini ke sebelah barat bergabung dengan pegunungan Kunci, kawah Kamojang, gunung Gandapura, gunung Sangar, dan gunung Rakutak.


Sayangnya, kawasan taman wisata alam (TWA) Gunung Guntur belum dimanfaatkan secara intensif untuk kawasan pariwisata. Namun demikian, keadaan itu tak menyurutkan para petualang untuk menyambangi gunung ini sekadar berkemah, hiking, maupun trekking. Di kawasan Gunung Guntur belum terdapat fasilitas dan prasarana yang menunjang kegiatan wisata. Hal ini terjadi karena kawasan Gunung Guntur belum mendapat perhatian khusus oleh pemerintah setempat untuk dikembangkan menjadi suatu kawasan yang dapat dipakai untuk kegiatan wisata olah raga khususnya paragliding.


Lokasi

Gunung Guntur berada di Kampung Dukuh, Desa Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut – Jawa Barat.

No comments:

Post a Comment