Thursday, September 15, 2016

WISATA CURUK OROK GARUT JAWA BARAT




WISATA CURUK OROK GARUT


Pernah berkunjung ke Curug Orok GARUT.
Konon mengenai asal usul Curug OROK ini sebagaimana cerita masyarakat secara turun temurun akan di paparkan disini agar lebih jelas.
Mengapa dinamakan Curug Orok atau bayi? Adakah kaitannya dengan orok itu? Ternyata, dalam ceritera masyarakat setempat, terjadi pada tahun 1968 ada seorang wanita muda yang tega membuang bayinya dari puncak air terjun ini. Kemungkinan besar, orok atau bayi yang dibuang tersebut hasil dari hubungan gelap sehingga ia tak hendak bertanggungjawab dengan mengurusnya. Makanya, mungkin karena itulah air terjun ini lantas dinamai dengan Curug Orok disebabkan kejadian tersebut.

Bentuk curug ini seolah ingin menguatkan isi cerita masyarakat tersebut. Dimana terdapat dua curug, ada yang besar dan curug yang kecil. Curug yang besar melambangkan si ibu bayi, sementara yang kecil menggambarkan sang bayi yang dibuang. Ketinggian curug ini mencapai 45 meter dan memiliki daya tarik tersendiri berupa keindahan alam perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara.

Konfigurasi umum lahannya berbentuk perbukitan dengan ketinggian mencapai 250 meter diatas permukaan air laut (dpl). Tingkat kemiringannya landai dan sebagian curam. Tingkat stabilitas dan daya serap tanahnya baik sehingga memiliki tingkat abrasi yang rendah. Curug Orok memiliki air yang jernih, bau airnya yang normal disertai dengan temperatur yang dingin. Terdapat pengaruh musim dimana pada saat musim kemarau debit airnya lebih sedikit.


Flora dominan di sekitar Curug Orok adalah pohon pinus, pepaya dan tumbuhan liar lainnya. Sedangkan fauna yang terdapat di kawasan yaitu monyet dan ular. Kualitas dan visabilitas lingkungan di kawasan ini tergolong baik walaupun terdapat sedikit pencamaran sampah dan vandalisme di bebatuan yang disebabkan oleh pengunjung. Di dalam kawasan ini terdapat beberapa kios makanan dan souvenir, yang menjual tangan dan alat-alat rumah tangga. Terdapat tempat parkir dengan luas 500 meter persegi dengan daya tampung 10 bus, 20 mobil dan 50 motor.


Lokasi

Curug Orok berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut – Jawa Barat. Jaraknya sekitar 31 km dari Ibukota Kabupaten Garut.

Selamat Berkunjung!

No comments:

Post a Comment