Friday, September 16, 2016

WISATA KAWAH GUNUNG PAPANDAYAN GARUT JAWA BARAT




WISATA KAWAH GUNUNG PAPANDAYAN GARUT JAWA BARAT



Gunung Papandayan di Garut tentu merupakan objek wisata alam yang wajib dikunjungi siapapun yang bertandang ke kota yang terkenal dengan dombanya ini. Di areal gunung ini, terdapat Kawah Papandayan yang juga kerap disambangi oleh banyak pengunjung baik dari tatar Garut, atau dari luar seperti dari Bandung, Tasik, Ciamis atau bahkan di saat-saat tertentu pengunjungnya bisa datang dari luar provinsi seperti Jakarta atau Jawa Tengah.


Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung api yang masih aktif dan kerap memuntahkan laharnya secara masif. Pertama kali meletus sekitar tahun 1772, yang kala itu sampai memuntahkan berkubik-kubik material letusan ke udara dengan jumlah korban yang cukup fantastis: mencapai 3.000 orang. Bukan hanya itu, sekitar 40 desa di sekitarnya tertimbun oleh leleran material vulkanik gunung paling aktif di Jawa Barat ini.

Meski demikian, tak mengurangi keindahan Gunung Papandayan terlebih kawahnya yang memberikan impresi luar biasa. Menelusuri kawah yang masih aktif ini akan memberikan pengalaman yang tiada terkira, dimana uap panas yang mengepul ke atas tiada pernah terhenti sekalipun dijatuhi hujan. Kawah Mas merupakan salah satu kawah yang terletak ditengah kubahnya dengan memiliki lebar sekitar 150 meter. Kawah ini memiliki suara yang bergemuruh layaknya mesin jet.

Total Kawah Papandayan berjumlah 14 buah, dimana yang menarik dari setiap kawahnya mengepulkan warna asap yang berbeda-beda, ada yang berwarna putih, emas, dan kekuning-kuningan. Jika sudah sampai di puncaknya, Anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat indah dimana kepulan asap belerang keluar dari mulut kawah bak cerobong asap kereta api. Namun demikian, jangan terlalu dekat karena hawa panas akan serta-merta menyerang dan cukup berisiko.


Lokasi

Kawah Papandayan berada di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Untuk kesini bisa menuju ke arah selatan Kota Garut dengan lama waktu tempuh untuk sampai kesana sekitar 30 menit, melalui Semarang ke arah Cisurupan. Dipertigaan Cisurupan, belok kanan menyusuri jalan desa dengan aspal bagus yang terus mendaki ke ketinggian 2300 meter dpl ke Cagar Alam Papandayan dengan jalannya yang berkelok-kelok dengan pemandangan kebun kentang dan hutan pinus yang indah.

Selamat Berkunjung!

No comments:

Post a Comment